PPSDM Regional Bandung Gelar Ceramah Umum Kepala BPIP kepada Peserta PKA dan PKP

0

Jatinangor – PPSDM Regional Bandung sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPSDM Kemendagri menggelar acara ceramah umum bagi peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan 4, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan 5, 6 dan 7 berjumlah 160 peserta di Aula PPSDM Regional Bandung Jl. Kiarapayung KM 4, 5 Sumedang.

Ceramah umum disampaikan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. KH. Yudian Wahyudi.

Prof. Yudian menekankan pentingnya kesadaran membangun ekosistem lembaga negara yang bersih, akuntabel, berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Oleh karena itu beberapa hal yang penting untuk direfleksikan kembali adalah pandangan kita terhadap sejarah bangsa Indonesia, terutama proklamasi, ini fakta sejarah yang jarang dimengerti oleh orang bahwa Proklamasi Republik Indonesia telah membebaskan dan mempersatukan kembali dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam waktu yang singkat”.

Proklamasi tersebut memiliki nilai historis yang luas, salah satunya adalah para pemimpin pada saat itu menyerahkan segala konsekuensi konstitusionalnya kepada Negara Republik Indonesia.
Artinya bahwa catatan sejarah membuktikan kepada kita semua, jika konstitusi UUD 1945 dan Pancasila memiliki nilai pengikat yang tinggi sekaligus hukum tertinggi di negara ini yang wajib ditaati okeh semua warga negara.

Menutup ceramah tersebut. Prof. Yudian berpesan bahwa dengan konteks kebangsaan tersebut, kita sebagai Aparatur sipil negara (ASN) sudah seharusnya mampu mengamalkan segala nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila (historis, sosial-politik, etik) menjadi tindak tanduk dalam segala aktivitas pekerjaan kita. Hal ini juga menjadi bagian berkhidmat kepada Negara Republik Indonesia

Senada dengan itu, Deputi Bidang Hubungan antar lembaga, sosialisasi, komunikasi dan jaringan BPIP. Ir. Prakoso menambahkan dalam paparannya bahwa nilai nilai luhur yang baik harus diterapkan dan sejalan antara nilai, ucapan dan perbuatan.

Dalam ceramah tersebut, Prof. Yudian juga didampingi Direktur Pengkajian dan Materi BPIP. Aris Heru Utomo, Kepala BPSDM Kemendagri, Dr. Sugeng Haryono, Kepala PPSDM Regional Bandung, Dr. Belly Isnaeni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *