Gelar Rakor Evaluasi Latsar CPNS 2022, BPSDM Kemendagri Harap CPNS Tingkatkan Kinerja

0

Yogyakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) bersama Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Yogyakarta menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Latsar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2022 dan Sinkronisasi Latsar CPNS Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid dari Hotel Santika Premiere Yogyakarta, Selasa (29/11/2022).

Dalam arahannya mewakili Kepala BPSDM Kemendagri, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan dan Manajemen Kepemimpinan Mohammad Rizal menjelaskan, Rakor tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergisitas antara PPSDM Regional Yogyakarta dan pemerintah daerah (Pemda) dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) khususnya melalui Latsar CPNS Tahun 2023.

Rizal meminta seluruh alumni Latsar CPNS agar menerapkan core values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Untuk mengubah sikap perilaku ASN BerAKHLAK yang lebih bertumpu pada sikap diperlukan adanya peran dalam penanaman nilai-nilai tersebut yang akan teraktualisasikan menjadi kebiasaan,” ujarnya.

Dirinya berharap, Rakor tersebut memberikan kejelasan karier PNS ke depan, sekaligus dapat mendorong peningkatan profesionalitas dalam bekerja. Dengan demikian, nantinya PNS dapat lebih berkontribusi terhadap capaian peningkatan kinerja di masing-masing instansi pemerintahan.

Di lain sisi, lanjut Rizal, untuk mengevaluasi pelaksanaan Latsar CPNS 2022 diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan Pemda agar lebih mampu mengembangkan sumber daya aparatur. Upaya ini dilakukan melalui koordinasi dan kerja sama yang lebih fleksibel dalam pelaksanaan Latsar CPNS, seperti dengan mengutamakan metode blended learning.

Pada kesempatan itu, disampaikan pula persentase hasil evaluasi Latsar CPNS Tahun 2022 berdasarkan data sampling wilayah kerja PPSDM Regional Yogyakarta. Evaluasi tersebut menyimpulkan bahwa peserta Latsar mampu mencapai nilai rata-rata yang sangat signifikan. Capaian ini diharapkan dapat mendukung penerapan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dalam menjalankan tugas. Penerapan itu perlu diiringi dengan peran dan keteladanan dari pimpinan CPNS di masing-masing unit kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *