Setjen Kemendagri Gelar Rakor Perencanaan dan Keuangan Tahun 2023

0

Lombok Tengah – Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) membahas Evaluasi Kinerja Anggaran Tahun 2022, Persiapan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Tahun 2023, dan penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Tahun 2024 di Kampus IPDN Regional Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (10/2/2023).

Rakor dihadiri Raden Gani Muhamad, Kepala Biro Hukum, Dian Andy Permana, Kepala Biro Kepegawaian, Suprayitno, Kepala Biro Organisasi Dan Tata Laksana (diwakilkan), Bachril Bakri, Kepala Biro Perencanaan dan Plh. Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama, Evan Nur Setya Hadi, Plh. Kepala Biro Umum, Marisi Parulian, Kepala Biro Keuangan Dan Aset (diwakilkan), Afrijal Dahrin Dj, Plh. Kepala Pusat Data Dan Sistem Informasi (diwakilkan), Andi Ony Prihartono Kepala Biro Administrasi Pimpinan (diwakilkan), Benni Irwan, Kepala Pusat Penerangan (diwakilkan), Yudia Ramli, Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Sri Hartati, Direktur IPDN Kampus NTB.

Seluruh Kepala Biro (Kabiro) dan Kepala Pusat (Kapus) atau yang mewakili Unit Kerja Eselon II lingkup Setjen Kemendagri memaparkan rencana anggaran dan kegiatan masing-masing.

Karo Perencanaan Setjen Kemendagri Bachril Bakri menjadi pemateri dalam Pleno I dengan materi Kebijakan Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2024 Setjen Kemendagri, dilanjutkan paparan oleh Karo Hukum Raden Gani Muhamad, Karo Kepegawaian Dian Andy Permana, Plh. Karo Umum Evan Nur Setya Hadi, dan Ses DKPP Yudia Ramli.

Kemudian pada Pleno II:
Kabag Keuangan Yuniar Prastuti dan Kabag Perbendaharaan Marlina Agus Setianingsih mewakili Karo Keuangan dan Aset, yang dilanjutkan dengan diskusi terkait pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan penyusunan Renja tahun 2024.

Dalam paparannya, Karo Perencanaan Setjen Kemendagri Bachril Bakri mengungkapkan, belum optimalnya kinerja anggaran, karena lambatnya penyerapan anggaran (dipacu di Triwulan IV).

Dilanjutkan Bachril Bakri, beberapa rencana kegiatan belum optimal mendorong fungsi Setjen sebagai koordinator pembinaan dan pelayanan administrasi Unit Kerja lingkup Kemendagri.

Rakor ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja pelaksanaan kegiatan anggaran lingkup Sekretariat Jenderal Kemendagri, sinergi dan konsolidasi pelaksanaan kegiatan lingkup Setjen tahun2023. Selain itu, diharapkan juga ke depannya seluruh komponen di Setjen Kemendagri bisa meningkatkan kualitas rencana kegiatan. Usai Rakor, diharapkan seluruh Unit Kerja Eselon II lingkup Setjen bisa menyusun rencana target realisasi anggaran per triwulan di Tahun 2023. Kemudian, UKE II lingkup Setjen juga diharapkan bisa menyusun rencana kegiatan tahun2024.

Beberapa hal yang menjadi atensi khusus untuk Pelaksanaan Kegiatan tahun 2023 dan Rencana 2024 diantaranya: Tahun 2023, Pelaksanaan sesuai dengan aturan, akuntabilitas, dan efektif; Realisasi kinerja di atas Kemendagri; Revisi anggaran 1 (satu) kali dalam triwulan; Masing-masing Karo dan Kapus melakukan pemantauan dan evaluasi setiap bulan; dan masing-masing Karo/Kapus menyusun target usulan triwulan.

Kemudian untuk Rencana Kegiatan Tahun 2024, Kebutuhan anggaran agar dihitung secara cermat, jangan ada yang tidak teralokasikan, khususnya belanja operasional, selanjutnya, susun rencana kegiatan sesuai kebutuhan dan memberikan manfaat bagi Kemendagri dan Pemerintah Daerah serta masyarakat; dan seluruh rencana kegiatan dapat mencapai target kinerja dalam Renstra Kemendagri Tahun 2020-2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *