PPSDM Kemendagri Regional Bandung Rayakan Puncak HUT RI Ke-77 Bersama Warga Desa Banyuresmi dan Warga Sekitar

News

SUMEDANG, 18 Agustus 2022 dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke-77, PPSDM Kemendagri Regional Bandung yang merupakan UPT BPSDM Kemendagri menyelenggarakan puncak perayaan Hari Kemerdekaan RI di Kantor PPSDM Regional Bandung, Jalan Kiara Payung, KM. 4,5, Jatinangor bersama Warga Desa Sekitar.

“PPSDM Regional Bandung adalah Rumah Kita, rumah untuk seluruh masyarakat. Kemendagri melalui PPSDM Regional Bandung akan selalu hadir dan membuka diri seluas-luasnya bagi masyarakat, kami siap berkolaborasi dengan masyarakat untuk meningkatkan indeks kesejahteraan, menurunkan stunting, menghilangkan kemiskinan ekstrem, dan meningkatkan partisipasi sekolah anak” jelas Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung, Dr. Belly Isnaeni, SH., M.H.

Perayaan hari kemerdekaan ini juga menjadi momen untuk menghadirkan kemerdekaan untuk sesama. PPSDM Kemendagri Regional Bandung mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada penggerak pendidikan di desa Banyuresmi yang mengalami kondisi tidak mampu. Sebagai informasi, terdapat 2 orang guru di Desa Banyuresmi dengan penghasilan Rp150.000/bulan.

“Hari ini kita dipertemukan dengan beberapa pahlawan bangsa yang tanpa pamrih memberikan jasanya kepada bangsa dan negara, mereka adalah Bapak Dede Wahidin dan Ibu Apong Sumarni, perintisi pendidikan desa Banyuresmi ditengah angka putus sekolah yang tinggi” terang Belly.

Selain mengahadirkan momen apresiasi kepada para penggerak desa. Momen Kemerdekaan kali ini terasa spesial dengan adanya persembahan budaya Tarian Mamanukan yang masih dipertahankan ditengah gempuran budaya global.

Kepala Desa Banyuresmi, Ade Kardiman menuturkan “Tarian Mamanukan merupakan bentuk penghargaan dan penyambutan bagi tamu agung atau orang yang dihormati. Kami yakin, kehadiran PPSDM Kemendagri Regional Bandung dapat memberikan perubahan lebih baik bagi masyarakat desa Banyuresmi”.

Pada kesempatan yang sama, PPSDM Regional Bandung memfasilitasi forum diskusi ekonomi dengan menghadirkan narasumber petani milenial yang sudah berhasil mengembangkan usahanya untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan pertumbuhan ekonomi desa.

Menutup kegiatan tersebut, Belly menegaskan bahwa gerakan kolabarasi Kemendagri/BPSDM melalui PPSDM Regional Bandung dengan Desa Banyuresmi akan terus dilakukan menyambut komitmen Menteri Dalam Negeri, Bapak Tito Karnavian untuk menghadirkan Kemendagri di tengah masyarakat. Ke depan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat akan menjadi salahsatu agenda PPSDM Kemendagri Regional Bandung diluar tugas-tugas rutin penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur sipil baik dr tingkat desa hingga pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *