BNPP Perkuat Kapasitas Camat Perbatasan untuk Mendukung Kebijakan Nasional

0

Jakarta – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengadakan kegiatan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kecamatan di Kawasan Perbatasan Negara Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat pada Kamis, (15/9 2022).

Menurut Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP, Jeffry Apoly Rahawarin, maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah, peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan kecamatan di kawasan perbatasan negara dalam mendukung agenda kebijakan nasional di kawasan perbatasan.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kecamatan di Kawasan Perbatasan, memiliki makna strategis sebagai forum bagi camat dan aparatur di perbatasan untuk berbagi pengalaman dan informasi serta untuk memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi camat di kawasan perbatasan.

“Diharapkan agar forum ini masih berlanjut pelaksanaannya minimal satu kali dalam setahun,” jelas Jeffry.

Ia mengungkapkan, peran camat sebagai garda terdepan diharapkan bisa memberikan penjelasan ke publik dan masyarakat untuk tetap tenang dalam pengendalian inflasi.

“Saya meminta camat untuk membantu mengawal penyaluran Bansos/BLT agar tepat sasaran dan mengawasi data dari tingkat musyawarah desa hingga ke kecamatan,” tutur Jeffry.

Jeffry juga menitipkan pesan, dalam penyiapan proposal pembangunan infrasruktur, tidak hanya melihat pada aspek kesejahteraan semata, tetapi juga mempertimbangkan aspek pertahanan dan keamanan di daerah.

“Kepada semua anggota camat, pada setiap kesempatan agar selalu memberikan penguatan kepada masyarakat di kawasan perbatasan tentang wawasan kebangsaan,” jelasnya lagi.

Selain itu, Jeffry juga menerangkan camat perbatasan dan kepala badan pengelolaan perbatasan daerah, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan teman-teman yang bertugas di kawasan perbatasan seperti PLBN, Pamtas, Pamputer, dalam menjaga wilayah perbatasan.

“Ke depan BNPP akan memaksimalkan kegiatan deteksi dini dan cegah dini kepada semua anggota camat perbatasan dan kepala badan pengelolaan perbatasan daerah, seperti yang telah dilakukan pada kegiatan Diklat Intelijen pada bulan Maret 2022 di Bandung, dalam rangka mencegah dan mengantisipasi pelanggaran di kawasan perbatasan,” terang Jeffry.

Kegiataan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Kecamatan di Kawasan Perbatasan Negara Tahun 2022 dihadiri oleh kepala badan/biro yang membidangi pengelolaan perbatasan di provinsi, kepala badan/bagian yang membidangi pengelolaan perbatasan di kabupaten/kota, camat di kawasan perbatasan negara, serta pejabat dan staf di lingkungan BNPP.

Topik pada sesi pertama mengupas Pertahanan dan Keamanan di Kawasan Perbatasan Negara (KPN), sedangkan pada sesi kedua memaparkan Kesiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Penguatan Kelembagaan serta Pembumian Nilai Pancasila di KPN yang diberikan dari beberapa nara sumber.

Sedangkan topik pada sesi akhir membahas Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat serta Strategi Penanganan Stunting di KPN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *